Riview dan Harga Samsung Galaxy A5

Riview dan Harga Samsung Galaxy A5 – Menapaki tahun 2017, Samsung langsung tancap gas dengan merilis trio terakhir seri device keluarga Galaxy A. Dengan penambahan angka tahun 2017, Samsung Galaxy A3 (2017), Samsung Galaxy A5 (2017) dan Samsung Galaxy A7 (2017) memperkenalkan selain tampilan yang lebih segar tetapi juga beberapa fitur canggih sebagaimana yang dimiliki flagship Galaxy S. Salah satu yang bakal diulas berikut ini adalah spesifikasi Galaxy A5 (2017) yang menyasar pangsa menengah.

Samsung Galaxy A5 (2017) adalah salah satu perangkat terakhir kelas mid-range dengan tampilan yang elegan. Dengan cara sekilas mata tampilannya hampir mirip dengan Galaxy S7 yang saat ini sebagai varian paling atas buatan Samsung. Hadir dengan rancangan unibody besi yang lapisannya berupa kaca 3D. Di bagian depan terkesan logo Samsung di samping lensa kamera depan, sensor jarak dan speaker untuk menelepon.


Di bawah layar, pemakai bakal menemukan tombol home yang terintegrasi dengan sensor sidik jari, tombol capacitive Back dan Recent Apps. Bodinya terkesan mengkilap dengan tepian melengkung terbungkus bingkai logam. Sementara di bagian belakang juga tercetak logo Samsung, LED flash dan lensa kamera yang hampir tidak ada tonjolan. Berkah tampilannya yang ramping, handphone ini tidak bakal goyah saat diletakkan di permukaan datar.

Sementara speaker saat ini diletakkan di dekat tombol power di samping kanan layar. Ini tidak sama dengan posisi speaker pada Galaxy A5 (2017) yang terletak di bagian bawah. Keputusan untuk memindahkan speaker tersebut kemungkinan adanya kenyataan apabila speaker terletak di bawah layar tidak jarang tertutup telapak tangan saat memainkan game dengan mode landscape. Di samping kiri terdapat tombol volume berdekatan dengan slot kartu SIM. Sedangkan slot kartu MicroSD bisa ditemukan di segi atas.

dimensi samsung galaxy a5 2017Membawa dimensi 146.1 x 71.4 x 7.9 mm, Galaxy A5 (2017) lebih besar dibanding Galaxy S7 walau dengan ketebalan yang sama. Sementara untuk beratnya 7 gram lebih ringan dari model high-end S7 alias beratnya hanya 159 gram.

Menggenggam Galaxy A5 bakal terasa enjoy, mudah untuk mengoperasikannya lumayan dengan satu tangan dan tidak licin. Hanya agak sayang, sebab lapisan kaca yang membungkusnya maka bekas-bekas sidik jari pemakainya bakal tertinggal yang bisa sedikit mengurangi kualitas estetika handphone ini.

Galaxy A5 2017 mempunyai 5,2 inci layar Super AMOLED dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) berkedalaman 412 ppi. Reproduksi warna yang dihasilkan sangatlah brilian, jernih dan terang dari semua aspek pandang. Mengesankannya lagi, Galaxy A5 2017 mengadpilihan fitur Always-On yang tidak umum dimiliki oleh handphone di segmen midrange. Fitur Always-On diperkenalkan pertama kali pada Galaxy S7 yang memungkinkan pemakai untuk melihat waktu, tanggal dan status baterai bahkan ketika layar mati.

Samsung terkesan serius menangani seri pembaharuan dari keluarga Galaxy A ini dengan meningkatkankan sertifikasi IP68. Fitur ini pun tidak umum diberbagi pada suatu handphone kelas menengah. Mempunyai sertifikasi ini berarti handphone telah mempunyai kemampuan tahan terhdap air dan juga debu.

Berarti pula Samsung Galaxy A5 2017 menjadi perangkat alternatif mutlak saat meperbuat kegiatan di luar ruangan. Galaxy A5 2017 bakal tetap menyala dan bermanfaat baik walau direndam dalam air dengan kedalaman sampai 1,5 meter selagi 30 menit.

Agak mengecewakan saat mengenal fitur software di dalamnya, Galaxy A5 (2017) datang hanya dengan OS Android 6.0.1 Marshmallow dan tidak memakai versi Android terakhir v.7.0 Nougat. Sementara untuk antarmuka, Samsung tetap tetap mempercayakan TouchWiz tetapi saat ini dipoles dengan penampilan yang lebih modern dan sangat mudah dioperasikan.

Di antara beberapa software yang terpasang, pemakai bakal menemukan software Google and Service, Samsung apps (S Health dan S Voice) dan enam software dari Microsoft.

Untuk jeroan, spesifikasi Galaxy A5 2017 yang mutlak adalah suatu chipset Exynos 7880 dengan prosesor Octacore 1,9 GHz plus pemakaian RAM 3 GB. Sedangkan untuk menangani grafis, dukungannya adalah GPU Mali T830. Handphone ini pun dilengkapi dengan 32 GB penyimpanan internal yang bisa dibutuhas sampai 256 GB via kartu microSD.

Melihat spesifikasi Samsung Galaxy A5 (2017) tersebut maka di atas kertas kemampuannya bakal sangat memadai. Pun demikian saat dipakai untuk menikmati konten streaming online, Galaxy A5 (2017) sanggup memberbagi kecepatan memuaskan berkah fitur network 4G LTE Cat.4 upto 150 Mbps download dan 50 Mbps upload.

Pihak vendor memutuskan untuk memindahkan speaker dari semula di bagian bawah layar ke samping kiri. Tujuannya supaya speaker tidak lagi tertutup ketika pemakai mengoperasikan perangkat ini dalam modus lansekap, umpama ketika memainkan game alias melihat video. Diinginkan pengalaman pemakai bakal lebih bisa dimaksimalkan.

Device ini pun mempunyai beberapa pengaturan audio semacam equalizer sebagaimana yang dimiliki Samsung Galaxy A5 2016. Untuk pelangkap hiburan, handphone Dual SIM dual On ini juga telah dilengkapi dengan kemampuan meringkus siaran radio FM dengan suara bening lewat perangkat earphone yang ikut diberbagi dalam paket penjualan.

Kecanggihan pun terkesan dari spek kamera yang dibawanya. Bagian depan dan belakang handphone ini telah terpasang sensor 16 MP yang adalah standar gambargrafi perangkat high end. Kedua sensor kamera pun datang dengan aperture f / 1.9, tetapi hanya kamera belakang yang mengadpilihan fitur optical image stabilization.

Kamera pun dilengkapi dengan tidak sedikit filter dan mode, dimana pemakai tinggal menggulirkan saja ke kanan dan ke kiri. Beberapa modus kamera yang tersemat antara lain : basic, beauty, Pro, HDR, Panorama and Night. Sementara untuk gambar narsis dengan cara berkelompok, kamera depan juga mempunyai modus panorama dan memungkinkan pemakai merubah nada kulit, ukuran mata dan tampilan wajah. Kedua kamera juga bisa mengambil video dengan output 1080p.

Kendati kini telah terdapat perangkat powerbank berukuran daya besar, bakal tetapi beberapa produsen handphone tetap melengkapi device produksi mereka dengan baterai berdaya besar. Pun pada Galaxy A5 2017 dimana baterainya mempunyai kapasitas sampai 3.000 mAh. Samsung pun melengkapi baterai tersebut dengan manfaat pengisian cepat (fast charging) jadi prosesnya bisa berjalan lebih cepat.

Tak lama lagi perangkat ini bakal menyambangi para pecintanya di Indonesia. Saat ini telah merampungkan bagian uji sertifikasi Postel dan diinginkan bisa segera dijual. Tentang harga Samsung Galaxy A5 (2017) ini dari pihak Samsung Indonesia terbukti belum memberbagi rilis resmi.

Akan tetapi mengacu pada harga untuk pasaran Eropa dan Rusia yang dibanderol 379 USD maka kemungkinan harga Samsung Galaxy A5 (2017) pun bakal berada di kisaran tersebut yang setara dengan Rp.4,9 jutaan. Memperkenalkan 4 variasi warna sebagaimana pada Galaxy A3 (2017) yang meliputi : Black Sky, Gold Sand, Blue Mist dan Peach Cloud.

Harga Baru: Rp. 4.495.000

Harga Bekas/second : Rp. 4.000.000